My Skripsi with Augmented Reality

Gamelan Augmented Reality Book

Hai Guys. Lama tak pencet-pencet ini tombol semenjak kejadian badai skripsi menerpa. Kali ini Gue bakal ngeshare aplikasi hasil begadang gue cuma buat nemuin nih ramuan aplikasi. Memang Skripsi menjadi memek momok yang menakutkan bagi mahasiswa. Tapi kamu-kamu bisa “KATAKAN TIDAK“ jika kamu ngerjain sendiri, meres keringet sendiri dan kamu kupas tuntas segala yang ada dalam skripsi yang loe buat pake otak loe sendiri. Meskipun terkadang Tanya-tanya ke kakak tingkat, mbah google, mbah dukun. Tapi tak apalah, karena “malu bertanya sesak di dada”. Jadi tetap semangat begadang gaes, apalagi yang jurusan IT, harus mateng-mateng buat project, persiapin selotip buat nyelotip mata loe.

Aplikasi yang gue buat berbasis android, dengan mengambil judul “Pengenalan Alat Musik Gamelan secara 3D Berbasis Augmented Reality dengan Teknik Markerless mengunakan Media Buku”. Cukup panjang dan melelahkan gue bacanya, serta dibutuhkan otak yang jernih buat menelan makna yang terkandung didalamnya. Apalagi ngebuat nih judul, dibutuhkan kecerdasan yang luarhh biasahh. Wooeekkk…

Yuhuu, sesuai judulnya aplikasi ini membahas tentang alat musik gamelan yang merupakan alat musik khas di Indonesia yang ditampilkan secara 3D dengan Augmented reality. Augmented Reality??? apa itu??? Augmented Reality adalah penggabungan obyek virtual (teks, gambar, animasi maupun video) ke dalam dunia nyata, sehingga pengguna dapat mengeksplor dunia nyata dengan lebih menarik dan atraktif (Azuma, 1997). Gimana paham? Heuu? Jadi begini cara kerja dari augmented reality yaitu memanfaatkan kamera pada device aplikasi, buat menangkap marker (penanda) yang diibaratkan sebuah sensor. Ketika kamera menangkap marker secara otomatis objek 3D nya akan muncul seperti seolah-olah berada di dunia nyata. Gimana??semakin nggak paham kan. Ya terserah ajalah nih lou bingung disini.

Aplikasi ini dilengkapi sebuah buku yang juga berisi materi dari alat musik gamelan yang bisa anda pelajari, tujuanya sih biar lebih menarik. Serta buku ini digunakan sebagai marker, nah berarti kesimpulanya objek gamelan 3D akan muncul diatas buku yang ketika objek 3d itu muncul, kamu bisa dengerin suaranya maupun liat dari berbagai sudut objeknya. Gimana nggak menarik kan.. ditambah lagi terdapat kuis yang bisa mengasah pemahaman dan ingatan kamu terhadap materi yang ada.

Tampilan Augmented Reality

Buatnya nggak sulit sih ketika uda nemu cara yang pass. Aplikasi nya ada Blender3D buat ngebuat objek 3D nya, ringan, gratis dan lumayan enak trus ada Unity3D sebagai pembuat aplikasinya, tambah plugin yang ekstentrik seperti playmaker, NGUI dan Mad level manager dan dikasih sentuhan desain grafis yang dirancang lewat corel draw dan happ jadilah aplikasinya.

Nah ni gaes aplikasinya buat yang butuh inspirasi ngerjain skripsi.
 Download Gamelan AR Book "Android"

2 Responses to "My Skripsi with Augmented Reality"